‘Super Blue Blood Moon’ yang Sangat Langka Diprediksi oleh NASA Akan Muncul pada Bulan Januari 2018

Inilah saatnya menandai kalender Anda untuk serangkaian “Bulan Super” yang langka di Bulan Januari ini!
Sementara menyaksikan satu Supermoon bisa menjadi pengalaman sekali dalam seumur hidup bagi beberapa orang.

Melihat tiga Supermoon sekaligus hanya dalam waktu beberapa bulan adalah hal yang sangat luar biasa.

Tapi bagaimana peluang kejadian langka tersebut? Meski sangat jarang, Tapi kemungkinan bisa terjadi.


Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh NASA, kita akan bisa melihat salah satu Supermoon – yang disebut Blue Moon – dikombinasikan dengan gerhana Matahari, membuat tiga momen selestial khusus dalam satu malam. Bersama-sama, mereka membuat sesuatu yang oleh NASA disebut sebagai “Super Blue Blood Moon”.

“Anda hampir merasa seolah-olah bisa meraihnya, meraih bola yang bercahaya, dan memasukkannya ke dalam cangkir kopi Anda,” kata NASA.


Salah satu dari tiga Supermoons yang ditunggu-tunggu, sudah menunjukkan dirinya pada bulan Desember, dan dua Supermoon yang tersisa akan terjadi pada tanggal 1 dan 31 Januari ini.

Semuanya akan terlihat jauh lebih besar dari biasanya – sekitar 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya.

Dan itu disebabkan oleh fakta bahwa bulan akan berada di “perigee” atau bagian orbitnya yang berbentuk oval yang paling dekat dengan Bumi.

“Terkadang irama selestri yang tepat dapat membuat kita takjub,” kata NASA.

Sebuah “Super Blue Blood Moon” adalah “Supermoon”, “Blood Moon”, dan “Blue Moon” yang semuanya terjadi dalam satu malam.

NASA mengatakan “Supermoon yang terjadi pada tanggal 31 Januari akan menampilkan gerhana bulan total, dengan totalitas yang dapat dilihat dari Amerika Utara bagian barat melintasi Pasifik sampai Asia Timur”.

“Bulan akan kehilangan sinarnya dan akan terlihat lebih redup karena cahaya Matahari yang menyinari bulan lebih sedikit, yang kemudian diteruskan untuk menembus atmosfer Bumi,” tambah NASA

Sumber 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *