8 Cara Mudah Memperbaiki Gigi Berlubang dan Menyembuhkan Kerusakan Gigi Secara Alami

Apakah Anda masih percaya pada peri gigi? Saatnya untuk berhenti dan menjadi peri gigi Anda sendiri! Gigi Anda, sama seperti bagian tubuh lainnya, memerlukan perhatian dan perawatan yang tepat.

Jika Anda tidak suka mengunjungi dokter gigi, Anda bisa mencoba mencegah kerusakan gigi sendiri. Dokter menyarankan untuk menggabungkan perawatan kebersihan gigi yang baik dengan beberapa perubahan cara makan yang sederhana.

Berikut tips sederhana dan alami yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mencegah kerusakan gigi dan memperbaiki gigi berlubang.

  1. Ubah kebiasaan makan Anda
(Foto : pixabay)

Mengubah kebiasaan makan Anda dan beralih ke menu makanan sehat selalu membantu meningkatkan kesehatan Anda, tidak peduli apa pun tujuan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan di The British Medical Journal menunjukkan bahwa perubahan menu makanan benar-benar dapat memperbaiki kerusakan gigi. Kita sudah tahu bahwa konsumsi produk yang kaya akan gula menyebabkan kerusakan gigi dan asam phytic dapat menghambat penyerapan kalsium.
Namun, jika Anda mengubah kebiasaan makan Anda, Anda mungkin tidak akan pernah menghadapi masalah seperti itu.

  • Dapatkan lebih banyak kalsium. Ini adalah komponen bangunan utama tulang dan gigi Anda. Makanlah produk susu setiap hari (susu, yogurt, krim asam, dan keju).
  • Minumlah minuman tanpa pemanis. Hindari minum soda, jus, dan minuman bersoda. Anda bisa mencoba air biasa, smoothies buah, dan teh tanpa pemanis. Air memiliki banyak efek baik pada tubuh Anda termasuk peningkatan hidrasi dan aliran air liur yang lebih tinggi.

2. Kunyah permen karet tanpa gula

(Foto : giphy)

Mungkin terdengar ironis, tapi mengunyah permen karet tanpa gula sebenarnya bisa membantu Anda mencegah kerusakan gigi.

Kebanyakan permen karet tanpa gula mengandung komponen yang disebut xylitol, yang merupakan pemanis alami. Tidak seperti makanan, xylitol tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut Anda.
Plus, saat Anda mengunyah, mulut Anda terisi dengan air liur yang secara alami bisa mencuci sisa makanan.

 

3. Bersihkan dan ganti sikat gigi Anda secara teratur

(Foto : pixabay)

Alat apa yang paling penting yang kita gunakan untuk membersihkan gigi kita? Benar! Sebuah sikat gigi. Namun, hanya sedikit orang yang tahu betapa pentingnya memilih sikat gigi yang tepat.

Selalu ambil sikat berukuran kecil atau berukuran sedang, dan pastikan bulu-bulunya bisa masuk ke celah-celah gigi geraham Anda, tempat makanan bisa tetap tersembuyi setelah Anda makan.

  • Jangan gunakan penutup pada sikat gigi Anda karena bisa mengandung mikroorganisme dan bakteri. Sebagai gantinya, bilas sikat gigi dengan air setiap kali setelah digunakan, lalu biarkan sampai mengering.
  • Dan jangan tinggalkan sikat Anda di ruangan yang sama dengan toilet Anda karena bakteri feses dapat berakhir di atasnya.
  • Ganti sikat gigi Anda secara teratur karena bulu sikat akan rusak termakan waktu dan pemakaian. Akibatnya, Anda tidak membersihkan gigi sebaik menggunakan sikat gigi baru.

4. Ikuti rutinitas perawatan gigi dasar

(Foto : pixabay)

Mungkin terdengar seperti nasehat asing, tapi ini benar-benar berhasil. Menurut Asosiasi Kesehatan Gigi Internasional (International Dental Health Association), hampir 42% orang dewasa hanya menggunakan sikat gigi untuk perawatan mulut mereka.
Terkadang kita tidak menyadari bahwa perawatan gigi kita tidak benar atau memerlukan perubahan.

Jika Anda ingin melindungi gigi dari awal pembusukan, sertakan langkah-langkah berikut dalam rutin perawatan gigi Anda di pagi hari dan sebelum tidur.

  • Sikat gigi Anda selama 2 menit setidaknya dua kali sehari. Cobalah menyikat semua permukaan gigi Anda, menjangkau ke sudut terjauh.
  • Gunakan benang gigi. Terkadang bahkan menyikat gigi tidak bekerja sebaik memakai benang gigi. Gunakan benang untuk mengeluarkan sisa makanan dari bawah gusi Anda, dan cobalah untuk membuang kuman yang menempel di sana.
  • Gunakan obat kumur. Obat kumur memiliki efek antibakteri dan membantu Anda menyingkirkan bakteri yang tersisa di mulut Anda. Jangan membilas mulut Anda dengan air – efeknya akan bertahan lebih lama.

5. Kunjungi dokter gigi Anda untuk pembersihan rutin

(Foto : pixabay)

Kita tahu bahwa kunjungan rutin ke dokter gigi bukanlah prosedur yang paling menyenangkan, tapi selalu lebih baik mencegah masalah daripada mengobatinya. Tidak peduli seberapa baik Anda menyikat gigi atau floss, selalu akan ada area yang sulit dijangkau.
Seorang dokter gigi akan membersihkan di dekat garis gusi di bagian belakang dan depan gigi Anda untuk menghilangkan plak dan karang gigi.

Membersihkan secara teratur merupakan langkah yang sangat penting dalam memerangi gigi berlubang.

Banyak orang mengatakan bahwa mereka menikmati kebersihan dan merasakan gigi mereka lebih indah dari sebelumnya. Pastikan Anda memesan janji temu dengan dokter gigi minimal satu atau dua kali dalam setahun.

 

6. Tambahkan suplemen dan vitamin ke dalam menu makanan Anda

(Foto : depositphotos)

Kami sudah membahas tentang menghilangkan makanan manis dan permen dari makanan Anda, tapi ada satu hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk membantu air liur Anda melawan plak gigi. Vitamin sangat penting untuk kesehatan gigi Anda.

  • Untuk meningkatkan produksi air liur, Anda perlu banyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah, kacang-kacangan, dan sayuran. Yang terbaik adalah apel, pisang, kubis Brussel, dan kacang polong.
  • Makanlah makanan gandum. Gandum mengandung banyak vitamin B dan zat besi. Selain itu, biji-bijian mengandung magnesium, mineral yang membantu menyerap kalsium dan memperkuat gigi Anda.
  • Makan makanan laut lebih sering jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak vitamin D dari makanan Anda. Salmon, ikan haring, tuna kaleng, dan sarden adalah sumber vitamin D.

7. Cobalah minyak kelapa

(Foto : depositphotos)

Apakah Anda ingin tahu cara lain yang baik untuk menggunakan minyak kelapa? Anda bisa mencoba tarikan kelapa yang secara alami melindungi gigi dari pembusukan.

Minyak menarik bakteri keluar dari gigi Anda dan secara alami menyembuhkannya. Cukup kumur-kumur satu sendok makan minyak kelapa di mulut Anda selama 20 menit sampai air liur Anda dan minyak berubah menjadi berwarna putih susu. Jangan menelannya. Ini sangat sederhana namun sangat efektif!
Tarikan minyak tidak memperbaiki efek dari kerusakan gigi, tapi membantu mencegah gigi berlubang. Ngomong-ngomong, minyak kelapa bekerja dua kali lebih efektif di samping menyikat dan membersihkan gigi.

8. Buat pasta gigi remineralisasi sendiri

(Foto : depositphotos)

Resep pasta gigi sederhana ini hanya membutuhkan beberapa bahan alami yang bisa Anda beli di setiap toko.

Karena Anda membuatnya sendiri, Anda bisa yakin bahwa semua komponen itu alami dan tidak akan membahayakan kesehatan Anda. Anda memerlukan bahan berikut untuk membuat pasta gigi:

  • 4 sdm bubuk kalsium
  • 1 sdt stevia
  • 1 sdm garam laut
  • 2 sdm baking soda
  • 1/4 cangkir minyak kelapa

Campur semua bahan sampai Anda mendapatkan pasta. Pastanya tidak berbentuk remah-remah lagi. Gunakan sebagai pengganti pasta gigi biasa.

Ingat: Jangan gunakan pasta gigi ini selama lebih dari 30 hari berturut-turut karena strukturnya yang abrasif dan tidak adanya fluoride.(iin/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

 

Sumber : http://www.erabaru.net/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *